Bandar Dextro di Ciamis Ibu Paruh Baya

Image

CIAMIS – Siapa sangka bahwa tersangka bandar besar dextro yang kerap dipakai sejumlah remaja di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ternyata seorang ibu rumah tangga berusia 52 tahun.

 

Polisi mengendus keberadaan IB, setelah menangkap adiknya, HER, yang usianya juga tak lagi muda. HER yang berusia 47 tahun, tertangkap setelah terpedaya melayani pembelian dextro oleh polisi yang menyamar.

 

Polisi menduga, kakak beradik ini sudah malang melintang menjadi pengedar dextro di wilayah Kawali, Lumbung, bahkan hingga ke wilayah Panjalu.

 

Selain IB dan HER, polisi juga menangkap BUD alias Penghu (46), warga Desa Margamulya, Kawali. Dari tangan ketiganya, polisi menyita sembilan kantong yang masing-masing berisi 1.000 butir dextro. Sembilan kantong dextro diperkirakan bernilai Rp 2,7 juta.

 

Kasat Narkoba Polres Ciamis AKP Herdis Suhardiman mengatakan, informasi tentang keberadaan kawanan ini diperoleh dari warga.

 

Kaur Bin Ops Satnarkoba Polres Ciamis Ipda Endang Suwandi mengatakan, saat menangkap HER di Dusun Sukasari, Desa Margamulya, Ciamis, Minggu (3/3/2013), petugas hanya menyita sebutir dextro yang disembunyikan tersangka di atas pintu rumah.

 

Namun, dalam pemeriksaan, HER mengaku ada lima kantong lain yang masing-masing berisi 1.000 butir yang ia titipkan di rumah kakaknya, di dusun yang sama. Empat kantong lainnya disembunyikan di rumah BUD.

 

“IB mengaku baru kali ini menyimpan pil dextro, yang menurutnya adalah barang titipan adiknya. Namun, dari sejumlah warga yang kami mintai keterangan, IB kerap didatangi anak-anak muda yang diduga kuat membeli dextro,” papar Endang.

 

IB dijerat pasal 98 ayat (2) UU 36/2009 tentang Kesehatan, dengan ancaman kurungan tujuh tahun penjara. Sedangkan HER dan BUD terancam ketentuan pasal 196 jo pasal 197 UU 36/2009, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

 

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s