Puluhan Imigran Gelap Ditangkap di Pangandaran

Image

Ciamis – Puluhan imigran gelap asal Iran yang akan menuju Australia melalui perairan Ciamis Selatan berhasil digagalkan oleh petugas polisi gabungan yang terdiri dari Unit Intelkam Polres Ciamis, Polisi Perairan Polres Ciamis dan anggota Satgas Mabes Polri serta Polsek Cijulang, Minggu (17/3/2013) sekitar pukul 23.54 WIB.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, imigran tersebut menggunakan 4 kendaraan truk yang datang dari arah Pangandaran menuju Cimerak.

Kasatpol Air Polres Ciamis AKP F Alamsyah menjelaskan penangkapan imigran gelap itu berawal informasi dari Mabes Polri yang menyatakan ada 4 truk yang membawa puluhan imigran gelap akan melintas di daerah Pangandaran, tujuan mereka yaitu menuju Australia.

“Setelah mendapatkan informasi tersebut. kami langsung bergerak dengan melakukan pencegatan di Cijulang, tepatnya di depan Kantor Pos Cijulang, “ ujarnya kepada INILAH saat ditemui diruang kerjanya, Senin (18/3/2013).

Saat petugas akan membawa puluhan imigran gelap yang diperkirakan sekitar 100 orang itu ke Imigrasi Tasikmalaya, dalam perjalanan, beberapa dari imigran gelap itu sempat melarikan diri.

”Karena jalannya rusak, jadi para imigran gelap tersebut mempunyai kesempatan melarikan diri dengan cara meloncat dari truk yang membawa mereka, namun upaya mereka tidak berhasil, sebagian imigran berhasil diamankan lagi oleh petugas,” tuturnya.

“ Menurut data sementara yang masuk, imigran gelap asal Iran yang sudah kita amankan di Polsek Parigi 19 orang, Polsek Pangandaran 16 orang dan Polsek Kalipucang 16 orang, Namun perkiraan kami mereka ada sekitar 100 orang, “ terang Alamsyah.

Dihubungi terpisah, Kanit Reskrim Polsek Kalipucang Aiptu Casim mengatakan, pihaknya mengamankan 13 orang imigran gelap asal Iran di kawasan Pamotan Kalipucang.

“Ke 13 orang imigran gelap asal Iran itu sudah kita kirim ke Polres Ciamis dengan menggunakan Bus dan dikawal 5 orang anggota polsek, Kemudian anggota terus melakukan penyisiran di sekitar pantai, akhirnya kami kembali menangkap 3 orang dan kini masih dalam perjalan menuju ke sini (polsek), “ tambahnya. [ito]

 

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s