Propam Tarik Lima Senpi

Image

CIAMIS – Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Ciamis menarik lima senjata api (senpi) yang dipegang anggota Polres Ciamis karena surat izin kepemilikannya sudah kedaluwarsa. Senjata-senjata tersebut disita atau ditarik Seksi Propam saat pemeriksaan rutin yang dilaksanakan di halaman Mapolres Ciamis Senin (18/3) mulai pukul 09.00.

 

“Kami menarikan baru lima (senpi) yang memang surat izinya tidak diperpanjang,” ungkap Kepala Seksi Propam Polres Ciamis Iptu Agus Susanto SH kepada Radar, kemarin.

 

Jika surat kepemilikan senjata api lebih dari satu tahun tidak ada perpanjangan, kata dia, senpi memang akan disita (ditarik). Jika ingin memiliki kembali senjata api, mereka harus memperpanjang kembali izin kepemilikannya. Sebelumnya, mereka harus melakukan tahapan seperti psikotes.

 

Menurut dia, Propam harus melakukan pemeriksaan terhadap 350 senpi yang dipegang anggota polres dan Polsek di Kabupaten Ciamis. Peluru yang berjumlah 10 butir juga diperiksa, apakah masih ada atau tidak. Teknis pemeriksaan senjata api dan peluru dilakukan bagian Logistik. Anggota Propam memeriksa kelengkapan suratnya.

 

“Kami melakukan pemeriksaan ini sudah rutin enam bulan sekali atau sesuai kebutuhan. Bila mendadak, sebelum enam bulan juga dilakukan pemeriksaan,” papar dia.

 

Agus mengatakan pemeriksaan senjata api dilakukan secara bertahap. Pada puncaknya —pemeriksaan pada Rabu (20/3)— langsung oleh Kapolres Ciamis AKBP Witnu Urip Laksana SIK. Karena, pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh dari mulai senjata sampai pelurunya.

 

Bila satu dua peluru hilang tanpa berita acara, kata dia, pemilik senjata api akan terkena sanksi, minimal dihukum 21 hari atas kelalaiannya. Yang fatal bila disalahgunakan hingga menyebabkan korban jiwa. Kalau begitu pemilik senpi bisa dipecat.

 

“Namun tidak ada yang sampai bermasalah seperti itu (menyalahgunakan peluru). Selama ini mereka selalu membuat berita acara bila ada yang kehilangan peluru dan penggunaan sesuai,” ucap dia.)Ab@h 

 

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s