BUPATI ENDJANG “NIKMATI” JALAN RUSAK

Image

PANGANDARAN,-Penjabat Bupati Pangan­daran Endjang Naffandy beserta rombongan saat akan melantik Kepala Desa Maruyungsari di­kagetkan dengan jalan yang seperti kubangan kerbau, bahkan ada yang seperti kolam pemanci­ngan. Tidak hanya itu, Endjang disuguhi sajian pemandangan marka jalan yang terbuat dari tanaman pohon pisang yang ditanam di jalan milik Pemkab Ciamis.
Jalan yang menghubungkan Desa Karangpawitan, Paledah, Sukanagara dan Desa Maru­yungsari kondisinya sangat parah. Kondisi tersebut langsung disaksikan Penjabat Bupati dan rombongan, bahkan melihat secara langsung dua pohon pisang yang ditanam warga di Jalan Paledah Dusun Patinggen I, Rt 01/03 Desa Karang­pa­witan, Kecamatan Pada­herang.
“Warga menanam pohon pisang di tengah jalan sebagai tanda jalan rusak dan bentuk protes karena jalan tak kunjung diperbaiki,” cetus salah satu warga setempat.
Penjabat Bupati Pangan­daran Endjang Naffandy mengatakan, ia langsung menyaksikan dan merasakan kondisi jalan rusak saat melewati Jalan Paledah Dusun Patinggen I, Desa Karangpawitan, Kecama­tan Padaherang. Agendanya ujar dia, akan melantik Kades baru di Kantor Desa Maruyungsari.
“Kondisi jalan di wilayah kita memang memprihatinkan. Baru saja masuk ke wilayah Kabu­paten Pangandaran, mobil sudah goyang-goyang. Itu baru jalan utama, belum jalan desa,” kata bupati.
Rasa prihatin penjabat bupati semakin dalam saat rombongan melewati Jalan Paledah. Pasal­nya ada dua pohon pisang di tanam warga di tengah jalan sebagai bentuk protes, sekaligus memberitahukan kepada pengguna jalan adanya lubang agar tidak jatuh terperosok.
“Tidak hanya berlubang, jalan di sana pun bergelombang dan berlumpur ketika sudah hujan. Kondisi tersebut sangat membahayakan pengguna jalan yang tidak mengetahuinya,” kata Endjang.
Endjang menambahkan, untuk perbaikan dan perawatan jalan rusak milik Pemkab Ciamis menjadi tanggung jawab dari Kabupaten Ciamis sebagai Kabupaten induk. Dan, itu masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Termasuk perbaikan jalan yang kondisinya rusak berat.
“Untuk perbaikan jalan kabupaten atau desa yang rusak sudah dianggarkan tahun ini oleh Kabupaten Ciamis,”ucap Penjabat Bupati Kabupaten Pangandaran Endjang Naf­fandy, Kepada Kabar Priangan, Rabu lalu usai menghadiri Milad SMKN Pangandaran.
Sementara terkait anggaran yang dimiliki DOB Kabupaten Pangandaran, Endjang mengungkapkan, untuk saat ini dana hibah yang akan diberi Kabu­paten Ciamis sebesar Rp 5 miliar, dan Rp 2,5 miliar dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Anggaran dari Provinsi tersebut belum digu­nakan.
”Mungkin di tahun 2014 nanti kita baru akan mencoba menetapkan APBD,” tambahnya seraya mengungkapkan, apabila sudah ditetapkan APBD, maka perbaikan jalan memberlakukan skala prioritas.
“Artinya yang rusak berat akan didahulukan dan seperti itu seterusnya,” papar Endjang. )Ab@h**

 

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s