Kapolda Jabar: Launching Polisi Pelajar Ciamis Bisa Tanam Mental Hebat Pelajar

Image

Polres Ciamis yang bekerjasama dengan sejumlah sekolah tingkat SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Ciamis, melakukan terobosan dengan menggeliatkan aktivitas polisi pelajar. Sebanyak 691 pelajar Ciamis, Senin (27/5), dikukuhkan oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs. TB. Anis Angkawijaya, M.Si, sebagai polisi pelajar.

 

 

 

Pengukuhan polisi pelajar dengan acara yang begitu semarak dan langsung dikukuhkan oleh Kapolda Jabar ini, baru pertama kalinya di Jawa Barat. Bahkan, lagu mars polisi pelajar Ciamis, yang diciptakan oleh pelajar Ciamis, diresmikan menjadi lagu mars polisi pelajar Jawa Barat.

 

 

 

Kapolda Jabar, Irjen Pol Drs. TB. Anis Angkawijaya, M.Si., kepada HR, seusai Launching Polisi Pelajar Ciamis , di Alun-alun Ciamis, Senin, (27/05), mengatakan, dibentuknya Polisi Pelajar  di Ciamis, yaitu untuk mengantisipasi terjadinya tindakan kriminal dan adanya aksi tawuran antar pelajar.

 

 

 

Selain itu, lanjut Anis, Polisi pelajar juga diharapkan bisa menanggulangi adanya permasalahan-permasalahan di sekolah. Bisa menanggulangi permasalahan di sekolah, dan hadirnya polisi pelajar diharapkan bisa menjadikan contoh kepada teman-temannya yang lain.

 

 

 

Anis juga menuturkan, tugas dari polisi pelajar yaitu untuk membantu mengawasi, mengendalikan, dan meminimalisir kegiatan para pelajar di lingkungan sekolah, sebagai perbantuan untuk pembina Osis dan guru BK, sehingga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah bisa tetap terjaga dan terpelihara.

 

 

 

” Dengan hadirnya Polisi pelajar di sekolah, bisa membantu dan memfasilitasi sekolah apabila terdapat pelajar yang bermasalah di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat,” ujarnya.

 

 

 

Sementara itu Kapolres Ciamis, AKBP Witnu Urip Laksana S.Ik., mengatakan, polisi pelajar merupakan kepanjangan tangan kepala sekolah, guru BK, Pembina Osis, dan Kepolisian untuk menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah masing-masing.

 

 

 

Hadirnya polisi pelajar di lingkungan Polres Ciamis, lanjut Witnu, bisa memberi contoh bagi siswa laiinya agar mereka menjadi polisi bagi dirinya sendiri, yang dapat memilah perilaku yang benar sesuai aturan dan norma yang berlaku.

 

 

 

” Kami berharap komunikasi yang sinergis dengan pelajar lain di lingkungan sekolah bisa lebih ditingkatkan, sehingga terjalin suasana keakraban antar siswa maupun dengan guru, kepala sekolah dan stekholder lainnya, untuk mengantisipasi adanya penyimpangan prilaku yang mengarah kepada timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah, khususnya,” tuturnya.

 

 

 

Dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Drs. H. Hidayat Taufik, MM, mengatakan, dibentuknya polisi pelajar di Kabupaten Ciamis salah satunya untuk membangun karakter sumber daya manusia yang memiliki mental tangguh, disiplin dan bertanggung jawab sejak usia remaja.

 

 

 

“Program seperti ini tentunya sangat penting, karena hal ini akan memberi dampak yang positif terhadap penguatan karakter pelajar kita, khususnya di Kabupaten Ciamis, sehingga dapat bertumbuh dan berkembang sesuai harapan kita bersana,” katanya.

 

 

 

Semetara itu, Pembina Polisi Pelajar Kabupaten Ciamis, Tatang Djauhari, mengatakan,  sangat bangga dengan adanya pembentukan polisi pelajar di setiap sekolah. Alasannya, karena hal itu sebagai kegiatan positif untuk menjauhi aksi tawuran.

 

 

 

“Melalui polisi pelajar, para siswa bisa mendapatkan pengalaman. Terlebih lagi, mereka bisa memupuk rasa tanggung jawab dan meningkatkan kedisiplinan dalam diri masing-masing, “ pungkasnya.)Ab@h**

 

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s