PERAJIN TAHU TEMPE, TIGA HARI MOGOK PRODUKSI

Gambar

Ciamis,- Seluruh perajin tahu tempe yang berada di wilayah Ka­bupaten Ciamis, yang tergabung dalam Koperasi Tahu Tempe Indonesia ( KOPTI) Kab. Ciamis, sepakat untuk tidak memroduksi dan menjual tempe selama tiga hari, mulai hari ini, Senin (9/9/2013), hingga Rabu (11/9/2013).

 

Sikap itu merupakan hasil keputusan dari Gabungan Ko­perasi Produksi Tempe Tahu Indonesia ( GPOKTINDO) Pu­sat, terkait kenaikan harga kedelai yang tidak terkendali, sehingga banyak perajin tahu tempe sejak pertengahan Agustus lalu banyak yang tidak produksi.

 

Salah seorang pedagang tempe warga Dusun Cilongok Desa Kawali Kec. Kawali, Dedi ( 35), mengaku sebanrnya melakukan aksi mogok tidak memroduksi tempe sangat berat, karena tidak punya lagi pekerjaan lain untuk menopang kebutuhan hidup.

 

Namun karena ini sudah menjadi keputusan semua perajin tahu tempe, ia mendukung­nya. “Mudah-mudahan pihak pe­merintah bisa mendengar jeritan kami semua di bawah, “ jelasnya.

 

Hal serupa dituturkan H. Mad Mak, perajin tahu, Muk­tisari Kec. Cipaku, ber­harap aksi ini tidak terjadi terlalu lama. Ia berharap pemerintah segera menurunkan harga kedelai.

 

Segera realisasikan swasembada kedelai, dan me­lak­sana­kan Peraturan Persiden No. 32 tahun 2013, tentang penugasan kepada perum Bulog untuk pengamanan harga dan pe­nyaluran kedelai. Jangan sampai masyarakat menjadi korban atas permainan politik pemerintah.

 

Ketua Kopti Kab. Ciamis, Komar Sutaraya mengatakan di Kab. Ciamis ada sebanyak 400 perajin tahu tempe. Pada Senin (9/9/2013) siap mogok produksi. Ia mengaku sangat terpukul dengan kenaikan harga kedelai dari Rp 7.000 menjadi Rp 10.000 per kilogram.

 

“Kami berharap Bu­log untuk segera turun tangan, dan kepada pihak pemerintah segera menyosialisasikan kepada para petani untuk me­nanam kedelai.Jangan sampai kita kalah dengan kedelai impor. Kami siap menampung kedelai dari pe­tani, “ tandasnya. )Ab@h**/ kabar-priangan.com

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s