Pengamanan Perairan Pangandaran Diperketat

Gambar

PANGANDARAN, – Pengamanan kian diperketat di sepanjang perairan Kabupaten Pangandaran. Hal itu pascaterjadinya sejumlah upaya penyelundupan imigran gelap yang melintas perairan selatan Jawa Barat.

Beberapa waktu lalu, terjadi kapal karam di pesisir Pantai Cikole, Desa Sinarlaut, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur. Sejumlah penumpang yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) tewas. Mereka melintasi perairan tersebut, dengan menggunakan kapal kayu. Dengan tujuan menyebrang ke Pulau Christmas, Australia.

Dijelaskan Kepala Satuan Polisi Perairan Wilayah Pangandaran Ajun Komisaris Polisi Firman Alamsyah mengatakan, panjang perairan Pangandaran yang juga masuk ke dalam wilayah hukumnya yakni 93 kilometer. “Panjang perairan kita adalah yang terpanjang. Selain itu, ada sejumlah titik rawan juga di wilayah ini,” jelasnya, Kamis (3/10/2013).

Menurut AKP Firman, daerah yang dianggap rawan terjadinya penyelundupan atau dapat dilintasi para imigran gelap adalah di tempat penyeberangan dari daratan ke lautan. Seperti di Pelabuhan Penyeberangan Majingklak, Pangandaran, Muaragatah, dan daerah Pantai Madasari.

Dari panjang perairan tersebut, AKP Firman mengaku hanya memiliki 15 personil ditambah dua perahu patroli. “Kita lakukan patroli dan deteksi dini. Lalu berkomunikasi dan mengajak masyarakat untuk tetap waspada dan cepat tanggap jika ada sesuatu yang mencurigakan dan informasi,” ujarnya.(Ab@h**

Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s